5 Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Murah

Kendaraan memang termasuk sebagai hal penting yang menunjang kehidupan masyarakat saat ini, apalagi untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi, maka tentunya kendaraan ini sangat dibutuhkan untuk mempermudah hidup. Namun memang jika dilihat dari segi harga yang cukup mahal, maka tak heran beberapa diantaranya yang akan berpikir kembali untuk membelinya, apalagi membeli mobil baru. Namun tidak perlu khawatir karena sebagai solusinya maka Anda bisa memilih untuk beli mobil bekas saja.

Mobil second banyak ditawarkan di pasaran dengan harga yang pastinya jauh lebih murah dibandingkan kendaraan baru. Namun memang Anda sendiri juga harus selektif dalam memilih agar mendapatkan produk yang berkualitas baik, tidak kalah dibandingkan dengan kendaraan baru tentunya. Hanya saja jika dirasakan harga mobil second yang Anda inginkan tersebut masih relatif mahal, tidak sebanding dengan budget yang dimiliki, maka juga tidak perlu khawatir, karena Anda dapat membelinya menggunakan sistem kredit atau cicilan.

Tidak jarang diantaranya lembaga pembiayaan yang juga memberikan pinjaman untuk membeli mobil second. Berikut ini setidaknya tips untuk kredit mobil bekas yang dapat Anda lakukan, agar mendapatkan yang murah serta aman, yaitu:

  1. Pilih kendaraan yang diinginkan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu kendaraan atau mobil mana yang ingin dibeli secara kredit. Paling tidak nantinya Anda juga mengetahui berapa gambaran harga yang harus dikeluarkan untuk membeli kendaraan tersebut. Karena meskipun bekas terkadang tidak jarang juga yang harganya masih mahal, apalagi untuk beberapa brand tertentu. Apalagi lembaga pembiayaan juga akan tetap menyesuaikan dengan income, apakah memang Anda termasuk orang yang layak diberikan pinjaman ataukah tidak maka akan mereka perhitungkan.

  1. Tentukan lembaga pembiayaannya, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memilih leasing atau bank yang akan membiayai kredit tersebut. Ingat bahwa di dalam pemilihan lembaga pembiayaan ini memang sangatlah penting, karena tidak semuanya terpercaya dan juga memberikan bunga kecil. Pilihlah lembaga yang kredibilitasnya jelas serta terpercaya. Jangan lupa juga untuk membandingkan bunga yang dibebankan untuk transaksi kredit tersebut, serta beban biaya lain-lain yang ikut menyertainya. Sehingga Anda juga tidak akan merasa berat dalam membayar cicilan nantinya.

  1. Siapkan uang muka, jika Anda ingin dalam proses kredit nantinya beban bisa lebih ringan, maka utamakan untuk menyiapkan uang muka dalam jumlah yang besar. Meskipun pada dasarnya ada banyak diantara tawaran kredit mobil dengan DP 0 persen, namun ini hanya akan memberatkan hutang atau tanggungan Anda nantinya. Karena hutang yang dimiliki nilainya akan semakin besar. Solusinya adalah dengan mempersiapkan uang muka minimal 30 persen dari harga kendaraan tersebut.

  1. Tambahkan asuransi atau proteksi, karena kendaraan tersebut masih punya hutang di bank, belum sepenuhnya milik Anda. Maka untuk mengurangi resiko kerugian jika seandainya kendaraan mengalami kecelakaan atau sejenisnya, lebih aman untuk menyertakan adanya proteksi dari asuransi. Tak masalah bayar sedikit lebih mahal, namun Anda mendapatkan perlindungan jika seandainya kendaraan rusak atau hilang, maka akan mendapatkan uang pertanggungjawaban dari pihak asuransi tersebut.

  1. Cek simulasi kreditnya sesuaikan dengan kemampuan keuangan, jangan buru-buru deal atau setuju dengan penawaran kredit atau cicilan kendaraan tersebut, alangkah baiknya bagi Anda untuk melihat simulasi kredit yang ditawarkan, apakah memang sesuai dengan kemampuan keuangan ataukah tidak, jika dirasa nilai cicilan terlalu besar, maka bisa disiasati dengan memperpanjang tenornya, sehingga nantinya cicilan bulanan akan jadi lebih ringan, begitu juga sebaliknya.

Anda sekarang juga bisa kredit mobil bekas dengan mudah yaitu lewat Moladin. Moladin ini pada dasarnya adalah situs khusus untuk jual beli mobil second, namun untuk sistem pembayarannya sendiri selain tunai, maka juga bisa secara kredit, apalagi memang mereka juga bekerjasama dengan banyak lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia. Harga yang ditawarkan sendiri juga termasuk bersaing jika dibandingkan dengan yang lain. Selain itu jaringan agennya juga sudah tersebar ke seluruh Indonesia, termasuk diantaranya juga ada di kota Anda.