Ingin Mulai Usaha Jual Beli Sepeda Motor Bekas? Simak Selengkapnya di Sini

Apabila ingin memulai usaha jual beli sepeda motor, pastikan untuk memahami caranya dengan tepat. Karena ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan agar usaha ini tidak mengalami kegagalan.

Selain itu, pastikan untuk memulai usaha dengan tepat sejak awal untuk menghindari kerugian. Jual beli motor pakai kartu kredit dapat Anda jadikan sebagai pilihan. Dengan begitu, usaha jual beli sepeda motor bekas yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar dan diminati oleh banyak orang.

Apabila Anda ingin memulai usaha jual beli sepeda motor second atau bekas, simak artikel ini mulai dari awal hingga selesai. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memulai usaha tanpa khawatir dengan risikonya.

Cara Memulai Usaha Jual Beli Motor Second

Cara memulai usaha jual beli motor second mungkin tidak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang. Namun, dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini kemungkinan besar bisa berjalan dengan baik.

Persiapkan Modal

Tentukan berapa banyak uang yang akanĀ  digunakan untuk membeli sepeda motor bekas pertama Anda. Apabila ingin menyetop dalam jumlah banyak berarti butuh ratusan juta rupiah.

Biasanya untuk pertama kali tidak perlu menyetok kendaraan dalam jumlah yang terlalu banyak. Ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi pasar dan minat masyarakat pada beberapa jenis sepeda motor bekas.

Cari Tahu Informasi Harga Sepeda Motor Bekas

Anda bisa mencari tahu informasi tentang harga sepeda motor bekas melalui internet atau bertanya kepada teman yang sudah pernah membeli sepeda motor bekas.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada marketplace untuk mengetahui harga pasaran. Dengan begitu, bisa mendapatkan harga yang sesuai dan tidak terlalu mahal karena akan dijual kembali.

Pahami Keunggulan Sepeda Motor

Pastikan untuk memperoleh informasi tentang keandalan sepeda motor yang akan dibeli, seperti keandalan mesin dan kondisi body motor.

Pastikan kondisinya masih cukup baik dan tidak terlalu banyak cacat. Karena jika kondisinya terlalu banyak cacat biasanya tidak akan laku. Kalaupun laku biasanya harganya juga rendah.

Tentukan Tempat Jual Beli Sepeda Motor Bekas

Anda bisa menjual sepeda motor bekas melalui online atau melalui toko offline yang menjual sepeda motor bekas. Jika menjual secara offline berarti harus menyewa ruko atau bisa juga diletakkan di rumah.

Disarankan untuk mengkombinasikan dua jenis tempat jualan yaitu secara online dan offline. Dengan begitu, kemungkinan untuk produk terjual akan semakin besar.

Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Pastikan untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti STNK dan BPKB sebelum menjual sepeda motor bekas Anda.

Ini juga penting dilakukan pengecekan ketika anda baru saja mendapatkan sepeda motor bekas. Pastikan surat kendaraan yang dimiliki asli sehingga tidak akan menyebabkan masalah hukum di kemudian hari.

Tentukan Harga Jual yang Tepat

Tentukan harga jual yang tepat dengan mempertimbangkan kondisi sepeda motor, keandalan mesin, dan harga pasar sepeda motor bekas.

Penentuan ini sangat penting untuk dilakukan agar mendapatkan keuntungan yang tepat. Jangan membuat margin yang terlalu besar yang nantinya akan membuat produk jadi tidak laku.

Rekomendasi Motor Bekas yang Laris

Berikut beberapa rekomendasi motor bekas yang cukup laris manis dan selalu dicari oleh masyarakat. Fokuslah pada sepeda motor di bawah ini dibandingkan dengan yang lain.

  • Honda CBR 250R: Sepeda motor ini punya desain yang sporty dan mesin yang tangguh.

  • Yamaha Vixion: Kendaraan roda dua ini memiliki penampakan yang elegan dan mesin yang irit bahan bakar.

  • Suzuki GSX-R150: Produk ini memiliki desain yang agresif dan mesin yang responsif.

  • Kawasaki Ninja 250R: Motor jenis ini punya desain yang keren dan mesin yang bertenaga.

  • KTM Duke 200: Sepeda motor ini dibekali dengan desain yang unik dan mesin yang bertenaga.

Harga dari sepeda motor bekas yang sudah dibahas di atas mungkin bervariasi. Biasanya tergantung dengan tahun keluaran serta kualitas dari produk apakah masih kelihatan baru atau ada cacat.

Apabila ingin membuat sepeda motor bekas dalam jumlah banyak, disarankan untuk menggunakan kartu kredit Danamon. Beli motor pakai kartu kredit akan lebih mudah khususnya untuk mereka yang tidak memiliki modal dalam jumlah yang banyak.

Meski demikian, pastikan untuk mengetahui kemampuan dalam pembayarannya. Jangan sampai mengalami masalah ketika melakukan pembayaran sehingga tidak mampu melunasi semuanya.