Akan Menempati Rumah Baru? Ketahui Cara Bersihkan Rumah dengan Mudah

Bagi pasangan yang baru menikah atau bahkan seorang bujangan, tentu ada kebanggaan tersendiri ketika memasuki rumah baru. Tentu saja rumah perlu dibersihkan terlebih dahulu agar kepindahan Anda ke rumah baru menjadi lebih nyaman. Anda memerlukan tips berikut jika Anda bingung tentang bersihkan rumah, terutama di rumah baru.

1. Bersihkan Bagian Tertinggi

Pertama-tama, Anda perlu mencari area tertinggi untuk strategi pembersihan rumah baru. Tempat tertinggi di rumah tentu saja adalah langit-langit. Anda bisa membersihkan bagian plafon ini dari debu dan kotoran terlebih dahulu, baru kemudian bagian bawah seperti pintu dan jendela.

Kemudian pembersihan lantai yang baru Anda lakukan. Sebuah kesalahan jika Anda membersihkan lantai terlebih dahulu dan kemudian bagian atas, strategi ini sangat tidak fleksibel sehingga Anda harus membersihkan lantai berulang kali.

2. Dahulukan Ruangan yang Sulit Dibersihkan

Sebaiknya Anda memilih bagian ruangan yang sulit untuk dibersihkan terlebih dahulu, yang menjadi prioritas utama. Atau bisa juga mencari area yang jarang dibersihkan karena sulit dijangkau. Membersihkan area tersebut  akan sulit dibersihkan ketika Anda memasukkan berbagai furnitur. Misalnya, untuk ventilasi udara, dinding dan loteng jika ada.

3. Ketahui Bagian yang Paling Sering Digunakan

Jika Anda masih malas untuk memulai, Anda bisa memilih area yang ingin dibersihkan terlebih dahulu, tergantung area mana yang akan paling banyak Anda dan keluarga tempati. Misalnya dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur hingga kamar mandi.

Area-area ini biasanya lebih mudah kotor daripada area lain karena sering dipakai. Oleh karena itu, setelah membersihkan area yang cenderung banyak digunakan, Anda bisa beralih ke area lain yang jarang digunakan dan sulit dijangkau.

Anda juga harus membersihkan bagian yang paling sering disentuh. Ada banyak barang yang nantinya akan sering Anda sentuh, seperti gagang pintu, meja, mesin pencuci piring, keran, dan banyak lagi. Cara membersihkannya juga sangat sederhana, Anda bisa menggunakan kain basah atau mencampurnya dengan air dan deterjen dan membersihkannya kembali dengan kain kering.

4. Bersihkan Bagian Furnitur

Jangan lupa saat bersihkan rumah, untuk membersihkan perabotan dan bagian perabotan yang penting yang akan ditempatkan di rumah baru Anda. Apalagi jika Anda memiliki kitchen set, bagian ini harus dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan lap sabun untuk membersihkan sisa kabinet dapur Anda, terutama di rumah yang baru dibangun.

Dari laci hingga kabinet, Anda harus membersihkannya dengan hati-hati dari kotoran. Jika Anda memiliki banyak furnitur yang telah dipindahkan ke rumah baru, Anda harus membersihkan debu yang menempel. Jadi nanti saat Anda memasuki rumah baru, semua ruangan dan furnitur tetap bersih.

Nah, tentunya Anda sekarang sudah tahu apa yang harus dilakukan saat ingin bersihkan rumah baru Anda. Sebenarnya, yang paling utama adalah tidak membersihkan lantai di awal pembersihan. Karena jika lantai dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu membersihkan bagian ruangan yang lain setelahnya, Anda harus membersihkan lantai lagi. Pekerjaan seperti itu tentu saja tidak terlalu fleksibel.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membersihkan rumah, Anda bisa memanfaatkan layanan kebersihan rumah. Di mana Anda dapat menemukan layanan pembersihan rumah? Pastinya mudah dilakukan karena Anda bisa menggunakan platform Sejasa.com. Di Sejasa.com Anda dapat menemukan layanan pembersihan rumah profesional mulai dari rumah, kantor, dan juga perusahaan.