4 Tips Buat Anggaran Biaya Kesehatan, Siapkan Dana Darurat yang Utama!

Investasi menggunakan Reksadana Pasar Uang merupakan jalan alternatif yang bisa digunakan untuk mempersiapkan anggaran biaya kesehatan. Apalagi kebutuhan akan biaya perawatan kesehatan kian tahun kian mahal dan bisa cukup berpengaruh pada keuangan Anda atau keluarga. Memiliki Asuransi kesehatan terkadang juga belum cukup karena tak semua biaya terkait kesehatan dan perawatannya bisa ter-cover oleh Asuransi.

Tidak hanya itu, penggunaan investasi Reksadana Pasar Uang juga bisa digunakan untuk memenuhi biaya kesehatan yang semakin mahal. Sehingga Anda bisa tetap berobat dengan uang tabungan atau investasi yang tersedia ketika membutuhkannya.

Dampak negatif dari pengabaian biaya perawatan kesehatan akan mengacaukan kondisi finansial atau keuangan pribadi dan keluarga. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan yaitu membuat anggaran atau alokasi dana khusus kesehatan sebagai pelengkap asuransi kesehatan Anda

Tips dan Trik dalam Menyiapkan Anggaran Biaya Kesehatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat biaya perawatan kesehatan tetap aman dan dapat memenuhi kebutuhan di waktu tertentu. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui tips membuat anggaran biaya kesehatan salah satunya dengan menggunakan Reksadana Pasar Uang.

1. Menentukan Kisaran Biaya Perawatan Kesehatan yang Dibutuhkan

Tips pertama sebelum berinvestasi dan memanfaatkan keuntungan Reksadana Pasar Uang. Sebelumnya  Anda harus menentukan terlebih dulu besaran biaya kesehatan yang akan dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan kisaran biaya kesehatan yang akan dibutuhkan untuk mengetahui jumlah biaya yang cocok untuk diinvestasikan di Reksadana Pasar Uang. Sehingga Anda bisa lebih cepat mendapatkan jumlah biaya sebagai dana darurat khusus perawatan kesehatan.

2. Menerapkan Mindset Kesehatan sebagai Prioritas

Selanjutnya, Anda juga perlu menerapkan mindset mengenai kesehatan sebagai prioritas yang perlu diutamakan. Hal tersebut akan membantu Anda untuk menjalankan investasi Reksadana Pasar Uang lebih semangat dan rutin menyisihkan sebagian uang dari penghasilan tetap khusus biaya kesehatan daripada kebutuhan lainnya.

Hal tersebut membuat Anda perlu menempatkan biaya perawatan kesehatan diantara biaya kebutuhan pokok lainnya. Seperti biaya transportasi, makan, tempat tinggal, pajak dan biaya pendidikan.

3. Menyiapkan Biaya Kesehatan dalam Bentuk Dana Darurat

Kemudian, Anda juga perlu menyiapkan biaya perawatan kesehatan dalam bentuk dana darurat. Pengumpulan dana darurat sangat penting dilakukan untuk memenuhi beberapa kebutuhan yang tidak ditanggung oleh asuransi tertentu dan datang di waktu yang tidak terduga.

Salah satu keadaan yang cocok menggunakan dana darurat yaitu keadaan medis yang biasanya tidak seluruhnya ditanggung oleh asuransi kesehatan. Sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya untuk keperluan tertentu seperti biaya obat-obatan ataupun ruang perawatan intensif.

4. Memanfaatkan Rekening Tabungan untuk Menyiapkan Biaya Kesehatan

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan rekening tabungan untuk menyiapkan biaya perawatan kesehatan. Biasanya, rekening tabungan bisa berbentuk rekening investasi yang bersifat fleksibel seperti investasi Reksadana Pasar Uang.

Selain fleksibel, penggunaan rekening tabungan online juga lebih aman dan terpercaya sehingga uang yang Anda simpan lebih terjaga. Pastikan rekening tabungan tersebut berbeda dari rekening untuk kebutuhan khusus lainnya dan rekening untuk kebutuhan pokok. Sehingga uang yang Anda sisihkan terkontrol dengan baik sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.

Keunggulan Investasi Reksadana Pasar Uang di Aplikasi digibank by DBS

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, Anda juga perlu mengetahui apa saja keunggulan investasi Reksadana Pasar Uang di Aplikasi digibank by DBS agar tak salah pilih. Berikut ini keunggulan yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan investasi di Aplikasi digibank by DBS.

1. Investasi dengan 3 Kategori Terbaik

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS yaitu dapat berinvestasi dengan 3 pilihan kategori. Sehingga Anda lebih mudah mendapatkan dan menemukan produk investasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 3 kategori tersebut terdiri dari investasi dengan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.

2. Melakukan Pembelian Aset Investasi secara Berkala

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan pembelian aset investasi yang dilakukan secara berkala secara fleksibel.

3. Investasi mulai dari Rp 100 Ribu

Kemudian, Anda juga dapat berinvestasi dengan modal kecil yang terjangkau. Bahkan, Anda bisa membeli produk investasi Reksadana mulai dari modal Rp100 ribu yang bisa didapatkan dengan cara menyisihkan penghasilan tetap ataupun dari keuntungan bisnis yang tengah dijalani.

4. Melakukan Semua Transaksi di Satu Aplikasi digibank by DBS

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pendaftaran SID (Single Investor Identification), transaksi jual beli dan switch produk investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Sehingga Anda tidak perlu mengantri di bank untuk melakukan setiap transaksi sesuai kebutuhan kapanpun secara online.

5. Terdapat Pilihan Investasi Lebih dari 50 Produk

Terakhir, Anda bisa dengan mudah menemukan produk investasi yang cocok sesuai kebutuhan dan kondisi finansial dengan berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS. Hal tersebut terjadi karena investasi di aplikasi ini akan membuat Anda menemukan pilihan produk investasi yang disediakan lebih dari 50 produk.

Bagaimana, menarik bukan investasi Reksadana untuk membuat anggaran biaya perawatan kesehatan? Demikian ulasan singkat mengenai Reksadana Pasar Uang, semoga bermanfaat.